TEKSAPALA

A. Sejarah Teksapala


   
  Organisasi kepecinta alaman berkembang tidak hanya dikalangan mahasiswa saja. Organisasi ini juga dikalangan pelajar tingkat menengah atas, walaupun kegiatan mereka masih sebatas rekreasi. Hal tersebut pun juga melanda pelajar-pelajar SMKN 1 Jakarta, yang mempunyai niatan membentuk suatu wadah Organisasi Pecinta Alam di sekolah. Kemudian dari pihak sekolah mengirim beberapa siswanya untuk mengikuti pendidikan Badan SAR Nasional (BASARNAS) yang nantinya akan ditunjuk untuk menjadi Instruktur didalam Pendidikan Dasar ANGKATAN PERINTIS yang bekerja sama dengan pihak PALASI SMAN 1 Jakarta. Kemudian pada tanggal 18 Januari 1990 dimulailah Pendidikan Dasar (DIKDAS) Angkatan Perintis Organisasi Pecinta Alam di SMKN 1 Jakarta. Selanjutnya pada tanggal 26 Maret 1990 di air terjun Cidahu, Sukabumi resmilah berdirinya Organisasi Pecinta Alam SMKN 1 Jakarta yang bernama TEKSAPALA (Tehnik Satoe Pecinta Alam) yang diresmikan oleh bapak Drs. R Soeryadi selaku Pembina OSIS di SMKN 1 Jakarta saat itu, kemudian di angkat sebagai Pembina pertama TEKSAPALA, kemudia sebagai ketua pertama TEKSAPALA adalah Iwan Yuliantoro siswa kelas XI SMKN 1 Jakarta.

B. Arti Lambang TEKSAPALA

Adapaun Arti dari Lambang TEKSAPALA adalah Sebagai Berikut :
§        1. Delapan Arah mata angina dengan lingkaran didalamnya berwarna merah putih, melambangkan kegemaran melakukan kegiatan ke segala penjuru di alam bebas serta selalu menjungjung tinggi bendera Nasional Indonesia.
§       2. Telapak Kaki melambangkan tujuan kegiatan kearah positif dan Gelombang air yang melambangkan kegiatan bahari dan memelihara isinya.
§      3. Segitiga sama kaki melambangkan semua kegiatan harus berdasarkan kecinta alaman dan bertekad mempertahankan alam.
§      4. Tali bersimpul melambangkan rasa persaudaraan dikalangan anggota khususnya dan sesama pecinta alam pada umumnya.
§     5. Tulisan TEKSAPALA,melambangkan nama organisasi ini.
§     6. Tulisan Teknik Satoe Pecinta Alam ,Melambangkan Anggotanya yang menjunjung tinggi almameter.
§     7. Tulisan SMKN 1 JAKARTA,melambangkan tempat kedudukan organisasi  ini berada.dan Dasar Segilima,melambangkan bahwa organisasi ini beradaskan pancasila.


Komentar